You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Muntang
Desa Muntang

Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga (53381), silahkan manfaatkan menu, sidebar, body dan footer untuk mencari informasi yang diperlukan... Terimakasih atas kunjungannya.

Mitigasi Kekeringan di Desa Muntang

Administrator Web 14 Juni 2023 Dibaca 114 Kali
Mitigasi Kekeringan di Desa Muntang

Awal Bulan Juni Tahun 2023 menjadi masa yang cukup menyulitkan bagi warga Desa Muntang khususnya yang berprofesi sebagai petani karena kondisi lahan pertanian yang mengering akibat musim kemarau. Hal itu diperparah dengan jenis lahan pertanian Desa Muntang yang merupakan jenis lahan pertanian tadah hujan, sehingga keberhasilan produksi pertanian sangat bergantung dengan curah hujan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka para petani bekerjasama dengan Pemerintah Desa Muntang berusaha melakukan mitigasi kekeringan dengan memanfaatkan sungai klawing menggunakan mesin pompa air untuk mengangkat air dari sungai klawing dan kemudian dialirkan melalui pipa menuju lahan pertanian.

Metode mitigasi kekeringan tersebut secara teknis merupakan metode yang paling efektif diterapkan pada lahan pertanian yang ada di Desa Muntang mengingat kondisi geografis Desa Muntang yang mengikuti bentuk aliran sungai klawing. Namun dalam kegiatan mitigasi kekeringan tersebut masih banyak ditemui permasalahan sehingga perlu adanya evaluasi dan inovasi untuk hasil yang lebih efektif. Semoga dengan adanya usaha mitigasi kekeringan ini membuahkan hasil yang baik bagi warga Desa Muntang khususnya para petani yang ada di Desa Muntang.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image