You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Muntang
Desa Muntang

Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga (53381), silahkan manfaatkan menu, sidebar, body dan footer untuk mencari informasi yang diperlukan... Terimakasih atas kunjungannya.

Musrenbangdes penyusunan RKPDes Tahun 2024 dan DU RKPDes Tahun 2025

Administrator Web 25 Agustus 2023 Dibaca 228 Kali
Musrenbangdes penyusunan RKPDes Tahun 2024 dan DU RKPDes Tahun 2025

Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) merupakan musyawarah yang melibatkan semua elemen masyarakat desa seperti Ketua RT/RW, Pemuda, Kader-kader Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk membahas rencana pembangunan desa. Tujuan dari Musrenbangdes adalah untuk memastikan bahwa pembangunan desa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dan aspirasi rakyat.

Musrenbangdes diawali dengan sambutan Ketua BPD selaku penyelenggara Musrenbangdes yang mebahas mengenai pentingnya pembangunan sarana prasarana yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa Muntang secara luas bukan hanya golongan tertentu, salah satu contohnya adalah pembangunan gedung serbaguna yang dapat dimanfaatkan untuk sarana pertemuan, olahraga, acara keagamaan, peringatan hari besar nasional, dan kebutuhan masyarakat lainnya. Namun kembali lagi kepada azas musyawarah mufakat maka hasil musyawarah tergantung kesepakatan semua peserta musyawarah.

Selanjutnya sambutan Kepala Desa Muntang menyampaikan beberapa pandangan tentang pembangunan desa di tahun 2024 salah satunya adalah pembangunan sumur bor untuk irigasi pertanian, karena melihat kondisi musim kemarau di tahun ini terjadi gagal panen pada sebagian besar lahan pertanian warga yang diakibatkan kekurangan air irigasi. Selain itu untuk mendukung adanya sumur bor tersebut maka akan dibangunan saluran irigasi tersier permanen untuk memperluas jangkauan air irigasi.

Hasil Musrenbangdes untuk RKPDes tahun 2024 secara umum masih digunakan untuk Penanganan Stunting, Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Kapasitas Kelembagaan dan Kemasyarakatan serat pembangunan fisik yang difokuskan pada bidang pertanian seperti Pembangunan Sumur Bor, Pembangunan Saluran Irigasi Tersier (oloran), Saluran irigasi Desa dan Pompa Air Tenaga Surya.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image