You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Muntang
Desa Muntang

Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga (53381), silahkan manfaatkan menu, sidebar, body dan footer untuk mencari informasi yang diperlukan... Terimakasih atas kunjungannya.

Pembersihan Lingkungan dan Penghijauan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-77 dan KODAM IV Ke-72

Administrator Web 04 Oktober 2022 Dibaca 72 Kali
Pembersihan Lingkungan dan Penghijauan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-77 dan KODAM IV Ke-72

Kegiatan Pembersihan Lingkungan dan Penghijauan dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-77 dan HUT KODAM IV/Diponegoro Ke-72 pada kesempatan ini dilaksanakan di Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga yang diikuti oleh Pemerintah Desa Muntang, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat Kemangkon beserta jajarannya, Koramil, Kodim dan pengurus Bumdes Restu Bumi Desa Muntang.

Lokasi kegiatan dilaksanakan di Sawah Blok 13 yang merupakan lahan pertanian yang dikelola oleh Bumdes "Restu Bumi" Desa Muntang. Adapun pelaksanaan kegiatan diawali dengan Sambutan Kepala Desa Muntang, Sambutan Camat Kemangkon, Kegiatan Pembersihan Lingkungan, dan diakhiri dengan Penghijauan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Muntang Kecamatan Kemangkon menyampaikan tentang kondisi cuaca di musim penghujan dengan intensitas hujan yang tinggi sehingga menyebabkan rawan terjadi bencana alam seperti banjir, longsor dan sebagainya. Apalagi wilayah Desa Muntang Kecamatan Kemangkon yang terletak disepanjang aliran Sungai "Klawing" menyebabkan resiko terjadinya bencana banjir sangat tinggi, selain itu jaringan irigasi "Kedung Jeruk" dan jaringan irigasi "Limpak Dau" merupakan jaringan irigasi yang berada di hilir sehingga menambah resiko banjir yang dapat merusak tanaman pertanian milik warga. Oleh karena itu kegiatan pembersihan lingkungan dan penghijauan merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi resiko bencana banjir.

Selanjutnya menyambung apa yang disampaikan oleh Kepala Desa Muntang bahwa kegiatan penghijauan yang merupakan solusi jangka panjang untuk mengurangi resiko banjir akhir-akhir ini kurang mendapat perhatian lebih dari masyarakat sehingga semua yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan mampu menjadi pelopor untuk membangkitkan semangat warga masyarakat agar dapat melaksanakan penghijauan secara mandiri di lingkungan sekitar.

Selanjutnya dilakukan kegiatan pembersihan lingkungan dan penghijauan oleh semua peserta. Adapun tanaman yang dijadikan sebagai sarana pencegah longsor/erosi adalah pohon alpukat, nangka, ketapang, serta akar wangi. Tanaman-tanaman tersebut memiliki fungsi konservasi sehingga sangat cocok ditanam untuk kegiatan penghijauan. Semoga apa yang diupayakan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan warga masyarakat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image