You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Muntang
Desa Muntang

Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga (53381), silahkan manfaatkan menu, sidebar, body dan footer untuk mencari informasi yang diperlukan... Terimakasih atas kunjungannya.

Gladhi Tanggap Bencana Hari Ke-2

Administrator Web 09 Agustus 2023 Dibaca 130 Kali
Gladhi Tanggap Bencana Hari Ke-2

Kegiatan Gladhi Tanggap Bencana dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Muntang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga.

Latar belakang adanya kegiatan Gladhi Tanggap Bencana dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Muntang adalah kondisi wilayah Desa Muntang yang dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi bencana Banjir dan Angin Ribut yang mengakibatkan kerugian di berbagai bidang masyarakat. Walaupun skala bencana yang terjadi di Desa Muntang relatif kecil jika dibandingkan dengan bencana yang terjadi di wilayah rawan bencana lainnya, namun frekuensi bencana yang menimpa Desa Muntang cukup sering terjadi sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus dari pihak-pihak terkait. Salahsatu bentuk perhatian terhadap kerawanan bencana yang ada di Desa Muntang khususnya bencana banjir dan angin ribut maka Pemerintah Desa Muntang bersama elemen masyarakat lainnya mengadakan kegiatan Gladhi Tanggap Bencana dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Desatana) adalah sebuah desa atau kelurahan yang telah diberikan pelatihan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya sehingga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Komponen-komponen Destana antara lain:

  1. Legislasi,
  2. Perencanaan,
  3. Kelembagaan,
  4. Pendanaan,
  5. Pengembangan kapasitas, dan
  6. Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Melanjutkan kegiatan hari sebelumnya, Kegiatan Gladhi Tanggap Bencana dan Pembentukan Destana Desa Muntang hari kedua meliputi:

  1. Pembentukan Relawan Siaga Bencana "Raga Jiwa" Muntang.
  2. Penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana
  3. Pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan
  4. Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) "Aman Sentosa" Desa Muntang
  5. Simulasi Posko Penanganan Bencana.

Dengan selesainya kegiatan pada hari ke-2 ini maka Desa Muntang Kecamatan Kemangkon memiliki entitas baru yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat untuk penanganan awal saat terjadi bencana sehingga dampak buruk dari bencana dapat dikurangi seminimal mungkin. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarkat dalam menghadapi bencana ataupun keadaan darurat lainnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image