You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Muntang
Desa Muntang

Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website resmi Desa Muntang Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga (53381), silahkan manfaatkan menu, sidebar, body dan footer untuk mencari informasi yang diperlukan... Terimakasih atas kunjungannya.

Launching Pos Yandu Remaja Desa Muntang

Administrator Web 06 April 2021 Dibaca 59 Kali
Launching Pos Yandu Remaja Desa Muntang

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga. Maka tidak salah jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman.
Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya. ebagai bentuk kepedulian terhadap generasi remaja, pemerintah menghadirkan posyandu remaja untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya.
Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan.

Manfaat Posyandu Remaja:

1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan

2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat

3. Sebagai sarana sosialisasi remaja

4. Kesehatan akan terus terpantau

Sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Hanya saja, posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, kegiatanya antara lain adalah pengisian kuisiner kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pelayanan kesehatan serta kegiatan berbeda setiap bulannya.

Posyandu remaja dapat berperan penting dalam memberikan bimbingan soal kesehatan fisik dan mental pada remaja dalam mengarungi fase-fase labil mereka.
Apabila Anda memiliki anak remaja, tidak ada salahnya untuk mengarahkan mereka berpartisipasi dalam komunitas ini dan mensukseskan kegiatan yang dilakukan dalam posyandu remaja.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image